Belajar SEO untuk pemula

Tidak berhenti belajar SEO. Mengingat algoritma Google yang selalu berubah, strategi SEO harus selalu diperbaharui. Jika tidak, susah untuk bersaing di halaman pencarian.Sudah pasti, Anda tidak mau ini terjadi di website Anda, kan?

Maka, pada artikel ini, kami akan membawa Anda untuk belajar SEO berdasarkan algoritma Google terkini. Apa yang sebaiknya dipelajari?

Untuk kenyamanan, kami sudah membagi artikel riset SEO blog ini menjadi sepuluh bagian utama:

Konsep Dasar SEO
Optimisasi Kecepatan Web
Optimisasi Web Agar Mobile Friendly
Analisis Kata kunci (keyword)
Membuat Konten
On Page SEO
Technical SEO
Off Page SEO
Link Building
Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking

Kita urutkan dari diskusi yang paling simpel. Maka, meskipun Anda seorang pemula, Anda bisa memahaminya dengan baik.

Konsep dasar SEO

Untuk mempelajari SEO, Anda perlu memahami konsep dasarnya lebih dahulu. SEO (Search Engine Optimization) adalah cara optimisasi web yang dapat memperoleh peringkat paling tinggi di halaman pencarian Google. Website peringkat paling atas akan memperoleh banyak pengunjung berkualitas tinggi secara gratis. Bahkan, posisi nomor satu di mesin pencari mendominasi hasil klik sebanyak 10 kali.

Tetapi, karena Google merahasiakan teknologi peringkatnya, kita bisa melihat beberapa indikator utama SEO. Pertama, Google menyukai website yang cepat. Kedua, Google menyukai artikel yang berguna dan relevan.Dan masih banyak lagi.

Pengoptimalan kecepatan website

Saat sebelum masuk ke berbagai optimisasi yang lain, umumnya belajar SEO harus diawali dengan optimisasi web agar bisa lebih cepat. Karena kecepatan adalah faktor ranking Google. Jangan pakai asumsi. Pakai berbagai alat seperti Google PageSpeed ​​​​Insights atau GTMetrix untuk mengecek. Setelah memperoleh hasil, optimalkan sesuai rekomendasi.

Jika masalahnya berada di server, pastikan kualitas hosting dan lokasi server dalam kondisi terbaik. Bila ada kekeliruan konfigurasi atau script yang mengganggu, mohon langsung diperbaiki. Jangan lupa, selalu aktifkan teknologi kompresi seperti Gzip atau Brotli.

Pastikan bahwa website Anda sepenuhnya dioptimalkan adalah persyaratan untuk hasil terbaik.

Website yang dioptimalkan untuk mobile

Pemakai handphone makin banyak, dan koneksi internet terutama dilakukan lewat perangkat mobile. Adalah satu kekeliruan untuk tidak membuat website Anda ramah mobile. Disamping itu, Google mengutamakan website yang pas untuk perangkat mobile untuk muncul di rangking paling atas hasil pencarian.

Cara melakukannya, Anda bisa memasang tema website responsive. Tidak itu saja, jangan lupa pakai font yang mudah dibaca dan siapkan ruang putih yang cukup. Untuk pengoptimalan yang lebih baik, silahkan pakai AMP (Accelerated Mobile Pages). Dan, ada banyak tips yang lain.

Analisis Kata Kunci (keyword)

Saat mempelajari SEO, analisis keyword sama pentingnya. Adalah suatu kekeliruan untuk membuat konten tanpa analisis keyword. Karena analisis keyword bisa membantu Anda untuk memahami keperluan pemakai internet sekarang ini.

Beberapa hal yang perlu jadi perhatian saat melakukan riset keyword adalah:

Volume pencarian, yang menunjukkan jumlah keyword yang dimasukkan ke Google saat mencari. Tingkat kesusahan keyword ada di halaman pertama mesin pencari. Selain itu, ada saran keyword yang bisa dipakai untuk mencari keyword dengan maksud yang serupa. Hasil pencarian juga penting untuk menganalisa bagaimana rangking kompetitor di tempat pertama. Dengan melakukan riset keyword, Anda akan tahu apa yang terbaik untuk konten website Anda.

Buat konten

Membuat konten adalah tahapan belajar SEO sesudah menyelesaikan analisis keyword. Agar bisa menciptakan konten berkualitas tinggi, beberapa syarat harus dipenuhi:

1. Pastikan konten Anda berkaitan dengan keperluan pembaca Anda. Bila tidak, blog/website Anda kemungkinan tidak bisa diakses.
2. Buat konten unik dengan volume pencarian yang baik.
3. Memberi info yang benar/valid dari sumber yang bisa dipercayai.

Ada beberapa teknik yang lain bisa Anda pakai untuk menulis artikel website Anda mencolok dari artikel lain.

Optimisasi SEO On Page

Saat mempelajari SEO lebih dalam, Anda harus memahami SEO On Page. Ini adalah tugas optimisasi yang mengutamakan pada kenaikan faktor internal website.

Beberapa langkah pengoptimalan ini adalah memakai link permanen yang sesuai, karena ini menentukan konten Anda. Trik yang lain adalah menulis judul meta dan deskripsi meta yang berkaitan dengan konten tapi tidak akan terpotong pada hasil pencarian.

Dari sisi konten, On Page SEO berusaha untuk mengatur judul dan subtitle dengan benar dan menempatkan keyword dengan benar. Tugas optimisasi SEO On Page yang lain masih ada banyak. Oleh karena itu, pastikan Anda memahaminya dan memakainya di website Anda.

Optimisasi SEO Off Page

Dibanding dengan On Page SEO, beberapa langkah optimisasi SEO Off Page lebih mengutamakan pada upaya di luar website tersebut. Saat belajar SEO untuk melakukan optimisasi Off Page, Anda perlu memerhatikan beberapa poin berikut ini:

Pertama, peroleh sebutan merk. Ini adalah langkah yang efisien untuk memperoleh lalu lintas berkualitas tinggi. Google akan menimbang website yang disebutkan di media untuk memperoleh rangking paling tinggi. Selanjutnya, buat profil “Google Bisnisku” untuk mempermudah customer mendapatkan info mengenai deskripsi usaha, alamat, jam buka, dan foto usaha Anda. Anda juga perlu melakukan beberapa tugas pengoptimalan di luar halaman yang lain, seperti komentar dan share sosial media.

Membuat Back-link

Sebagai sisi dari SEO Off Page, Anda jangan lupakan pembuatan link saat mempelajari SEO. Link building adalah upaya untuk memperoleh link ke web Anda dari web lain. Saat melakukan link building, beberapa usaha yang bisa Anda kerjakan adalah:

Coba untuk memperoleh banyak link rekomendasi untuk menunjukkan website Anda sebagai sumber info yang bisa dihandalkan. Selain angka, pastikan link yang Anda dapatkan berkaitan dengan topik.

Dua hal tidak cukup, Anda pun perlu membuat Otoritas Domain, lihat apakah tipe linknya DoFollow atau NoFollow.

Optimisasi mesin pencari lokal

Ada lagi ulasan saat belajar SEO. Khususnya, bila pasar lokal adalah tujuan usaha Anda, yakni SEO lokal. Optimasi mesin pencari lokal mempunyai tujuan selalu untuk menempatkan website Anda di rangking paling tinggi dalam pencarian mesin pencari lokal. Mengingat 46% pencarian dilakukan secara lokal dan 29% salah satunya berakhir dengan pembelian, cara ini penting.

Kenyataannya, teknik SEO lokal memakai sebagian besar teknik SEO umum yang disebut sebelumnya. Perbedaannya, fokusnya pada pasar lokal. Oleh karenanya, Anda akan terus membuat Google Bisnisku, lakukan analisis keyword, dan yang lain.

Faktor yang mempengaruhi rangking Google

Google memakai lebih dari 200 faktor untuk menentukan rangking website dalam hasil penelusuran. Jadi tidak heran bila kompetisi di halaman pertama Google ketat sekali. Google sengaja mempunyai beberapa ratus faktor peringkat untuk menjaga keadilan dan mencegah kecurangan. Tetapi untungnya, Anda tidak harus memenuhi beberapa ratus faktor rangking Google untuk menjadi nomor satu pada hasil penelusuran. Anda perlu konsentrasi pada faktor-faktor kunci.

Bagaimana, Belajar SEO itu mudah kan?

Walau banyak hal yang perlu dimengerti, dengan cara yang pas, Anda akan cepat menguasai triknya. Tentu saja harus didukung dengan beberapa latihan dan hasilnya terdaftar di web Anda. Demikian juga, hal paling penting untuk belajar SEO adalah jangan sampai berhenti.

SEO adalah pekerjaan optimisasi yang perlu terus dilakukan untuk memperoleh hasil terbaik. Disamping itu, kami yakin jika Anda bisa melakukannya.

Leave a Comment

Halo, ada yang bisa kami bantu? :)
WeCreativez WhatsApp Support
CS2
Kadek Budi
Available
WeCreativez WhatsApp Support
CS1
Santi
Available
WeCreativez WhatsApp Support
CS3
Bli Gede
Available