7 Hal penting untuk membuat konten yang bisa meningkatkan penjualan

Berikut adalah 7 Hal penting untuk membuat konten yang bisa meningkatkan penjualanFakta :
Website yang memakai konten marketing, memperoleh konversi dan penjualan meningkat 6x lebih tinggi daripada yang tidak.

Mengapa mereka tidak membeli produk atau jasa dari anda?

3 alasan utama :

1. Karena masih belum percaya

Online ataupun offline, orang tidak akan berbelanja kepada penjual yang tidak dipercaya. Namun dapat dilihat perbedaannya. Jika offline, orang dapat melihat langsung apa yang dijual oleh penjual.

Hal tersebut tidak berlaku untuk toko online, hal ini lah perbedaan antara toko offline dan online, jika online, semua orang dapat membuat website tidak terkecuali penipu.

Meyakinkan calon pembeli tidaklah begitu sulit. Namun masalahnya, walau anda sudah dirasa bukan penipu, belum tentu mereka akan berbelanja pada toko anda. Anda harus mendapat kepercayaan sebagai yang terbaik. Maka dari itu konten marketing yang tepat sangat bisa dijadikan solusi.

2. Tidak tepat sasaran

Ini adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh pelaksana digital marketing.

Seperti yang pernah dialami Groove. Groove merupakan software help desk. Jadi yang seharusnya menjadi target pasar groove adalah para pengusaha yang memiliki masalah yang berhubungan dengan customer service. Namun sayangnya blog mereka pada saat itu membahas pengembangan bisnis. Walau sama sama berhubungan dengan bisnis, para pengusaha tidak memerlukan software mereka, sehingga konten tersebut tidak dapat meningkatkan konversi.

3. Pengunjung masih pasif

Orang orang yang menggunakan internet sebagian besar pasif. Baca artikel, melihat gambar, menonton video, buka tab baru, lalu tutup. Sangat pasif bukan? maka dari itu konten anda harus dapat menggerakkan seseorang agar mereka tertarik dengan apa yang ada dalam konten anda.

Berikut 7 Hal penting untuk membuat konten yang bisa meningkatkan penjualan:

1. Siapkan konten untuk semua tahap pada sales funnel

Sales funnel atau marketing funnel adalah tahapan yang dilalui seseorang sebelum melakukan pembelian.

Secara umum ada 3 bagian sales funnel yakni :
1. TOFU (Top of the funnel) yaitu Awareness
2. MOFU (Middle of the funnel) yaitu Consideration/Evaluation
3. BOFU (Bottom of the funnel)

Pada dasarnya, sebelum membeli, calon pembeli akan sadar akan masalahnya. Lalu menimbang pilihan yang ada, dan memutuskan untuk membeli.

TOFU
Bagian ini merupakan bagian konten yang dapat dinikmati banyak orang. Biasanya bagian ini berisi panduan umum tentang konten. Sehingga bagian konten ini dapat dinikmati oleh banyak orang, bahkan yang mereka yang baru memiliki rencana.

MOFU
Pada bagian ini anda akan menjelaskan lebih dalam tentang produk anda, seakan akan anda memiliki solusi dari masalah calon pembeli, dan anda lah solusi yang mereka perlukan.

BOFU
Pada bagian ini calon pembeli biasanya sudah siap, namun masih takut dan tidak percaya. Maka pada bagian ini konten anda harus bersifat persuasif dan membuat calon pembeli semakin percaya

2. Identifikasi masalah yang nyata untuk diselesaikan

Buatlah konten yang dapat memberikan solusi dari masalah pembeli. Walau calon pembeli belum begitu mengenal produk anda, tapi melalui konten yang anda buat, mereka tahu bahwa masalah mereka dapat diselesaikan dengan produk anda.

3. Buat konten yang relevan dengan produk atau jasa yang anda jual

Jika konten anda tidak berhubungan dengan produk yang anda jual maka akan mengalami seperti kasus groove diatas.

4. Buat konten simpel, sehingga mudah dipraktekkan

Buat konten berupa panduan yang dapat dipraktekkan dengan mudah oleh pembaca. Karena hal ini sangat mempengaruhi kepercayaan orang terhadap produk atau jasa yang anda jual.

5 Buat sesuatu yang dapat ditukar dengan sesuatu

Semisal anda memberikan diskon dengan syarat calon pembeli harus mendaftarkan email, no telepon, dan membuat akun gratis.

6. Melakukan email marketing

Setelah anda mendapatkan email/no telepon calon pembeli, maka dari itu anda sudah pasti dapat menghubungi pembeli. Anda dapat memberikan konten bagian MOFU dan BOFU.

7. Lakukan analisis konten

Selalu analisis konten yang buat, apakah konten dapat memberikan konversi yang besar, apakah konten sesuai, dan lain lain.

Halo, ada yang bisa kami bantu? :)
WeCreativez WhatsApp Support
CS2
Kadek Budi
Available
WeCreativez WhatsApp Support
CS1
Santi
Available
WeCreativez WhatsApp Support
CS3
Bli Gede
Available